Cari di Blog ini


Mengetik Huruf Arab di Komputer

Sudah selayaknya bagi muslimin untuk menyampaikan Agama ini dengan sebenar-benarnya, diantaranya dengan mengupayakan penyampaian Al-Qur-an atau Hadits dengan menggunakan lisan/tulisan aslinya yakni sebagaimana diturunkan dengan bahasa ‘arab. Untuk itu, disini akan disampaikan cara mengetik arab pada komputer kita (yaitu word processor selain html base) . Mengetik huruf arab pada komputer kita tidaklah susah, kita bisa menyisipkan huruf arab. Banyak sekali jenis font arab yang ada saat ini, anda dapat memperkaya font ada dengan ArabicFont.zip . Untuk mengetik arab anda dapat menggunakan salah satu cara berikut ini, antara lain: 1. On Screen Keyboard (OSK) Aplikasi ini GRATIS dari windows dengan syarat anda memiliki CD Instalasi Windows Full Pack dengan cara mengetik menggunakan mouse pada OSK (lebih memudahkan bagi pemula dari pada menghapal konfigurasi huruf pada keyboard QWERTY) Dengan OSK, Anda dapat langsung mengetik pada dokumen yang sedang Anda buat. sebelumnya lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
o melakukan instalasi “supplemental language support” pada control panel “Regional and Language Option” –> centang “Install files for complex script and right to left languages (including Thai)” –> OK/Enter.
Setelah terinstall, masuk ke “Text and Service language” / Detail –> Periksa apakah “keyboard Arabic” telah terpasang, bila tidak –> “Add…” —> “Input Language”/ Arabic –> “Keyboard Layout/IME” / Arabic (101/102). Anda sudah bisa menggunakan OSK.

o untuk memulai mengetik arab, aktifkan OSK dengan
tekan “Tombol Windows+R” atau Jalankan Run pada WindowsMenu
–> ketik “OSK”
–> OK/enter,
dan kemudian aktifkan huruf arab dengan tekan language bar, jika belum muncul pada taskbar maka aktifkan dengan
klik kanan pada taskbar
–> toolbar
–> language bar
–>arabic.
o Kelemahannya: font yang paling sesuai dengan OSK adalah font bawaan dari Windows misalnya “times news roman”, font dengan desain tertentu sering bermasalah.

2. Arabic Pad
Aplikasi ini GRATIS dilengkapi dengan beberapa petunjuk dan font bawaan tersendiri yang cukup menarik. Anda dapat memasukkan pada dokumen Word 2003/2007 dengan copy-paste dari Arabic Pad, misalnya:
Selain itu, hasil ketikan arab dari Arabic Pad juga dengan mudah dapat digunakan di copy paste kan pada hal web ketika Anda sedang membuat posting dsb. Namun demikian, masih terdapat kekurangan/bug a.l:
o ketika mengetik tanwin: mengetik tanwin dengan mendouble klik, sehingga terkadang pada beberapa komputer keluar huruf dhommah dan dhommatain. Cara mengatasinya adalah dengan menghapus secara manual dhommah yang muncul.
o tidak dapat muncul pada layar. Hal ini sering karena program Arabic Pad dieksekusi sebagai system bukan sebagai independen program. Cara mengatasinya a.l. dengan menyiapkan backup data dalam bentuk zip/rar sebagai stock. Ketika terjadi kesalahan tersebut maka Anda eksekusi/jalankan file pada folder tertentu yang berisi Arabic Pad yang telah Anda ekstrak dari zip/rar tersebut. Demikian seterusnya.
Silakan download disini arabicpad_103.

3. Multikey
Aplikasi dapat berintegrasi dengan Microsoft Office 2003 atau 2007, dilengkapi dengan petunjuk dan contoh penggunaan pengetikan sehingga Anda dapat langsung mengetik pada Word 2003/2007, Excel, dll. misalnya:
Aplikasi ini memiliki error jika anda install secara instan dengan “install.exe”. Untuk itu, anda baca dulu file txt “baca dulu.txt” yang berisi cara pemasangan aplikasi Multikey pada komputer Anda. Silakan download multikey.rar

4. Quran In Word
Aplikasi ini khusus untuk menampilkan Ayat Al-Qur-an dan/atau terjemahannya yang ada dalam database, Anda tidak dapat menampilkan kata-kata/huruf arab tertentu yang kita ingin ketik sendiri.
Setelah diinstall, aplikasi ini langsung terintegrasi dengan Word200/2007, jika Anda belum menemukannya setelah menginstall, maka
masuk ke [Word Option]
–> [Add-Ins], lihat apakah terdapat My Addins dengan alamat default C:/Progam File/Quran_In_Word/QuranWord2003.dll, jika tidak maka
–> [Com Add-Ins]
–> [Go]
–> [My Addins], centang jika ada, jika tidak maka
–> [Add] (Cari di C:/Progam File/Quran_In_Word/QuranWord2003.dll).
Silakan download SetupAddonQuranInWord2003.zip

5. Satu lagi aplikasi javascript online dengan output arabic. Anda dapat melakukan pencarian pada internet dengan menggunakan font arab atau membuat tulisan untuk di posting pada blog Anda. Silakan langsung ke sini atau di http://www.al-islam.com/key.htm.

Sumber : Mengetik Huruf Arab

Komentar :

ada 0 komentar ke “Mengetik Huruf Arab di Komputer”

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog ini, teman-teman bisa meninggalkan komentarnya disini. Komentar yang mengandung spam dan tidak baik otomatis akan dihapus.