Cari di Blog ini


Rempeyek Daun Tin


Pada kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman membuat rempeyek dari daun pohon tin. Selama ini kan yang kita tahu rempeyek biasanya ada yang pake kacang tanah, kacang hijau, daun bayam. Nah.. awal mula saya membuat eksperimen saya ini adalah ketika saya melihat acara “ust.yusuf mansur dan unyil” di trans 7. Waktu itu bertepatan dengan bulan ramadhan, dan acara tersebut kebetulan membahas tentang khasiat anggur, dan ternyata daun anggur bisa di buat rempeyek. Akhirnya saya berinisiatif karena daun tin dan daun anggur kalo di lihat ga jauh beda alias hampir sama ^_^.
Kita tentu suda tahu bahwa pohon tin merupakan salah satu tanaman yang disebut Allah dalam Al-Qur’an didalam surat At-Tin. Sudah banyak penelitian tentang khasiat buahnya.. Namun belum ada penelitian secara pasti tentang daun atau bagian lain dari pohon ini. Saya pernah membaca dalam suatu artikel, bahwa daun tin bisa menjadi obat batu ginjal. Nah... mau tahu cara membuatnya gimana baca terus artikel ini yah..... ^_^

Bahannya sebagai berikut :
1.Bawang putih
2.Kunyit
3.Kemiri
4.Ketumbar
5.Lada (ladak bubuk/yang belum)
6.Tepung terigu
7.Tepung kanji
8.Air
9.Garam

Pertama-tama siapkan daun tinnya. Cuci bersih telebih dahulu, seteklah itu tumbuk bahan diatas (bawang putih, kunyit, kemiri, ketumbar, lada) disesuaikan dengan tepungnya. Setelah halus, campurkan olahan bumbu yang sudah halus dengan tepung terigu dan tepung kanji. Tambahkan garam dan air secukupnya, bahannya pun sudah jadi. Lalu masukkan daun tin kedalam bahan yang sudah diolah jadi satu tadi, lalu goreng dalam minyak yang panas yaa....
Taraaaaaa...... rempeyek daun tin pun sudah jadi

Oleh : Ulul Azmi

Komentar :

ada 0 komentar ke “Rempeyek Daun Tin”

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog ini, teman-teman bisa meninggalkan komentarnya disini. Komentar yang mengandung spam dan tidak baik otomatis akan dihapus.